Minggu, 20 Maret 2016

Laporan PKM UT 2016.1


LAPORAN PELAKSANAAN
PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR (PKM)
Disusun untuk memenuhi salah satu persyaratan ketuntasan belajar mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PDGK 4209)

PROGRAM S1 PGSD







Disusun Oleh :
SWARNA TIRTA ABADI
NIM. 825323839

Kelompok Belajar Curug
UPBJJ-UT 22/Serang

UNIVERSITAS TERBUKA
TAHUN 2016

 

LEMBAR PENGESAHAN
Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM)


Pada hari ini Senin Tanggl 4 Bulan April Tahun 2016 telah diperiksa dan disahkan Laporan Pemantapan Kemampuan Mengar yang dilaksakan di SD Negeri Dangdang II pada tanggal 15 Maret s/d 22 Maret 2016.

Mahasiswa


SWARNA TIRTA ABADI
NIM. 825323839           

Mengetahui,
            Ketua Pokjar Curug                                       Pembimbing



            H. ABDULAH HS, S.Pd                             ( ECEP SUMARNA, S.Pd.MM )
            NIP.195511061975121002                           NIP. 196102181982041002

Kepala UPBJJ Serang



......................................
NIP. ...................................




LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN
LAPORAN REFLEKSI
PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR ( PKM )


Nama Mahasiswa          : SWARNA TIRTA ABADI
N I M                               : 825323839
Program Studi               : S-1 PGSD

           
           


Tangerang, 4 April 2016


                      Menyetujui
                     Pembimbing                                                       Mahasiswa



      ECEP SUMARNA,S.Pd.MM                         SWARNA TIRTA ABADI
         NIP. 196102181982041002                                     NIM. 825323839
                                                                                                                         

KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar  (PKM ) tanpa ada hambatan yang berarti. Shalawat serta salam somoga tercurahkan kepada Rasullah SAW, keluarga, sahabat, kerabatnya serta pengikutnya.

Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar ini dibuat berdasarkan hasil praktek mahasiswa tanggal 15 Februari sampai 22 Februari 2016 di SD Negeri Dangdang II Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang. Ucapan terimakasih yang sedalamnya penulis haturkan  kepada :
1.      Allah SWT
2.      Ibunda dan istri tercinta yang senantiasa memberikan doa dan dukungan
3.      Bapak H. Abdulah HS, S.Pd selaku ketua kelompok belajar curug
4.      Bapak Ecep Sumarna, S.Pd.MM selaku pembimbing mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM).
5.      Segenap Pengelola  UT UPBJJ-Serang.
6.      Para Tutor dan Rekan-rekan mahasiswa Pokjar Curug yang telah membantu memberikan informasi dan masukan yang dibutuhkan oleh penulis.
7.      Bapak Antajaya, S.Pd.I selaku Kepala Sekolah SD Negeri Dangdang II
8.      Bapak Arif Budiman, S.Pd.SD yang telah memberikan bimbingan selama penulis melaksanakan PKM.

Penulis menyadari bahwa dalam proses penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan. kiranya saran dan kritikan yang bersifat membangun sangatlah penulis harapkan. Semoga laporan ini bermanfaat bagi pengembangan pendidikan, khususnya dalam pengembangan dan pemanfaatan profesional guru. Akhir kata penulis ucapakan terima kasih.
                                                                                       Tangerang, 4 April 2016
                                                                                                     Penulis

                                                                                   SWARNA TIRTA ABADI
                                                                                            NIM. 825323839

DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN ...................................................................................  i
LEMBAR IDENTITAS .........................................................................................  ii
KATA PENGANTAR ...........................................................................................  iii
DAFTAR ISI ...........................................................................................................  iv

BAB I.   PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Pembuatan Lamporan ..........................................................  1
B.     Tujuan  Penulisan Laporan ............................................................................  2
C.     Tempat dan Waktu Pelaksanaan PKM .........................................................  2

BAB II. MANFAAT MENGIKUTI  PRAKTEK PKM
A.    Manfaat Mengikuti Praktek PKM ................................................................  3
B.     Manfaat Melakukan Refleksi Diri .................................................................  3
C.     Gambaran Umum Isi Laporan .......................................................................  4

BAB III. ULASAN PROSES PRAKTIK PKM       
A.    Praktik Mengajarkan Mata Pelajaran Eksak ..................................................  5
B.     Praktik Mengajarkan Mata Pelajaran Non Eksak ..........................................  6
C.     Temuan-temuan dalam pembelajaran ............................................................  7

BAB IV. KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan ...................................................................................................  17
B.     Saran .............................................................................................................  18

DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................  19

LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.      Lembar Observasi
2.      RPP yang dipraktekkan di sekolah dan di kelas tutorial
3.      RPP Praktik
4.      Lembar Refleksi Mengajar di sekolah
5.      Jurnal pembimbingan
6.      Lembar Rekomendasi Kepala Sekolah
7.      Lembar Rekomendasi Supervisor 2
8.      Kelengkapan Berkas
 

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Pembuatan Laporan     

Program pengajaran adalah suatu rencana pelaksanaan proses belajar mengajar yang didasarkan atas pertimbangan tujuan yang ingin dicapai, bahan, metode, alat, alokasi waktu dan evaluasi agar siswa menguasai proses belajar dan hasil belajar yang optimal. Peningkatan kualifikasi pendidikan guru diharapkan mampu meningkatkan kemampuan profesional mengajar.

Guru dalam hal ini sangat penting dilakukan mengingat profesi mengajar merupakan pekerjaan yang tidak mudah dilakukan. Dalam mengajar terkandung kemampuan menganalisis kebutuhan siswa, mengambil keputusan yang harus dilakukan, merancang pembelajaran yang efektif dan efisien mengaktifkan siswa melalui motivasi, mengevaluasi hasil belajar, merefisi pembelajaran agar lebih efektif. Mengajar merupakan kegiatan managerial yang harus dilakukan secara profesional. Sebab yang siswa terima dalam pembelajaran dapat mempengaruhi perkembangan dan perilaku mereka dalam kehidupan selanjutnya.

Kemampuan mendidik, mengajar, membimbing, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik adalah kompetensi dasar yang harus dimiliki guru. Mengajar merupakan suatu keahlian professional seseorang yang harus dibentuk melalui sebuah proses yang terencana dengan baik dan sistematis, yang dilandasi oleh pengetahuan, keterampilan dan sikap yang mantap.

Peningkatan kemampuan mengajar merupakan suatu proses pembentukan ketrampilan yang dilandasi oleh pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang mantap yang diharapkan telah terbentuk menempuh berbagai mata kuliah. proses pembentukan ketrampilan lebih-lebih ketrampilan mengajar haruslah dilakukan secara bertahap dan sistematis, sehingga penguasaan ketrampilan dapat dipantau secara bertahap dan sistematis pula.


Melalui mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) , guru yang menjadi mahasiswa S1 PGSD dibekali dengan kemampuan mengelola pembelajaran secara efektif. Kompetensi yang diharapkan pada mata kuliah ini agar mahasiswa mampu meningkatkan profesionalismenya sebagai seorang pengajar dan pendidik.

Seorang guru harus bisa mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukannya untuk melihat dan memperbaiki kelemahan dalam pembelajaran yang disampaikan  kepada peserta didik. Untuk itulah kegiatan refleksi sangat diperlukan.

Refleksi adalah kegiatan berfikir dan berdialog dengan diri sendiri tentang perilaku mengajar yang telah, sedang, dan yang telah dilakukannya. Dengan melakukan refleksi kesalahan dalam proses pembelajaran akan cepat dianalisis dan diperbaiki sehingga hasil belajar siswa meningkat.

B.       Tujuan  Penulisan Laporan
Laporan ini disusun bertujuan untuk :
1.         Syarat yang harus ditempuh dalam menyelesaikan Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar.
2.         Untuk memperbaiki kesalahan teoritis melalui temuan praktik langsung.
3.         Untuk meningkatkan kualitas Mahasiswa dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien.
4.         Untuk meningkatkan kualitas Mahasiswa dalam keguruan sebagai pendidik yang mempunyai pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi.

C.      Tempat dan Waktu Pelaksanaan PKM
Kegiatan PKM dilaksanakan di SD Negeri Dangdang II Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang Provinsi Banten mulai tanggal 15 maret sampai 22 maret 2016.





BAB II
MANFAAT DAN GAMBARAN PEMBUATAN LAPORAN

A.      Manfaat Mengikuti Praktek PKM

Mengajar merupakan kegiatan manajerial yang harus dilakukan secara profesional. Untuk mencapai kompetensi tersebut, mahasiswa dilatih dan dibekali melalui praktek PKM sehingga mahasiswa memiliki kebiasaan dan kemampuan menyelenggarakan program pembelajaran mulai dari mempersiapkan,   merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan memperbaiki pembelajaran di sekolah berdasarkan keilmuan bidang studi dan kependidikan keguruan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Dari kegiatan praktek PKM yang dilakukan mahasiswa dapat memetik manfaat, sebagai berikut :
1.         Memiliki penganlaman dalam menerapkan berbagai pengetahuan dan pengalaman yang telah diperoleh melalui praktek tindak mengajar;
2.         Mempunyai kemampuan untuk menilai kekuatan dan kelemah diri sendiri dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran;
3.         Memiliki kemampuan untuk menganalisa karakteristik dan kebutuhan belajar siswa;
4.         Memiliki kemapuan untuk menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dengan memeperhatikan karakteristik kebutuhan siswa
5.         Terbiasa dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dengan mengacu pada rencana pelaksanaan pembelajaran;
6.         Terbiasa mengambil keputusan dan melakukan perbaikan pembelajaran derdasarkan kaidah-kaidah keilmuan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

B.       Manfaat Melakukan Refleksi Diri

Manfaat yang dapat diambil dari melakukan refleksi pembelajaran yang dilakukan seorang guru adalah sebagai berikut :
a.         Memberikan kesempatan kepada seorang guru untuk melihat kelebihan dan kelemahan dalam proses mengajarkan materi kepada peserta didik, apa yang sudah baik dan apa yang perlu diperbaiki;
b.         Memberikan masukan kepada diri sendiri untuk meningkatkan kualitas mengajar yang dimiliki agar lebih baik serta memperbaiki kelemahan yang ada:
c.         Membantu guru memahami, menguasai dan mencapai kemampuan yang secara psikologis lebih baik, sebagai dasar kualitas dalam proses belajar mengajar.

C.      Gambaran Umum Isi Laporan
Dalam laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) ini secara umum membahas tentang proses pembuatan rencanan pelaksanaan pembelajaran mulai dari penulisan , revisi jika ada kesalahan kemudian mempraktekannya setelah itu dilihat hasilnya dengan adanya lembar refleksi. Dari lembar refleksi ini dapat diketahui apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki mahasiswa dalam melakukan proses pengajaran dalam kelas. Apabila mahasiswa telah mengatahui kekurangan dan kelebihannya, diharapkan pada proses pengajaran yang akan datang menjadi lebih baik dan mengalami peningkatan dari semua aspek. Secara umum dalam kegiatan belajar mengajar dapat menciptakan  sebuah korelasi antara profesionalisme kompetensi guru dan kualitas anak didik.















BAB III
ULASAN PROSES PRAKTEK PKM

A.      Praktek Mengajarkan Mata Pelajaran Eksak (Matematika)

Pada hari Selasa tanggal 16 Februari 2016, pukul 07.30-08.40, dilakukan kegiatan praktek mengajar  Matematika di kelas 5 yang diamati oleh Bapak Arif Budiman, S.Pd.SD sebagai supervisor 2 mata kuliah PKM.

Pada kegiatan pembukaan , disampaikan tujuan pembelajaran yaitu siswa mengetahui sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang. Selanjutnya, siswa diberikan motivasi belajar agar siap mengikuti pembelajaran dengan cara guru meminta siswa untuk mencari benda di sekitar kelas yang berbentuk bangun datar.

Dalam kegiatan inti pembelajaran, guru menjelaskan kembali sedikit tentang sifat-sifat bangun datar. Setelah itu guru membagi siswa ke dalam 5 kelompok, kemudian setiap kelompok diberi tabel gambar bangun datar dan diminta menuliskan nama beserta sifa-sifatnya. Setelah semua selesai setiap perwakilan kelompok diminta menyampaikan hasilnya di depan kelas.

Diakhir pelajaran, para siswa diminta untuk mengisi evaluasi formatif yang ada di Lembar Kerja Siswa. Pelajaran tentang Sifat-sifat Bangun Datar  diakhiri dengan pemberian tugas untuk membuat macam-macam bangun datar menggunakan kertas karton sebagai pekerjaan rumah.

Selama proses pembelajaran, sebagian besar siswa menyimak dan memperhatikan penjelasan guru dengan alat peraga gambar bangun datar, tetapi ada juga beberapa siswa yang bercakap-cakap dengan sesama temannya. Hal ini disebabkan mungkin dari sebagian kecil siswa tersebut merupakan tipe siswa yang kurang tertarik dengan pembelajaran model visual/gambar. 




B.       Praktik Mengajarkan Mata Pelajaran Non Eksak (Bahsa Indonesia)

Pada hari Jumat tanggal 19 Februari 2015, pukul 07.30-08.40, dilakukan praktek mengajar Bahasa Indonesia di kelas 5 yang diamati oleh Bapak Arif Budiman, S.Pd.sd sebagai Supervisor 2 mata kuliah PKM.

Kegiatan awal disampaikan terlebih dahulu tujuan pembelajaran yaitu siswa dapat memerankan tokoh drama dengan lafal dan intonasi yang tepat. Selanjutnya siswa diberikan motivasi belajar agar siap mengikuti pembelajaran. Dengan meminta membaca naskah drama pendek.

Dalam kegiatan inti , guru meminta siswa untuk membaca naskah drama pendek. Setelah selesai, guru mengajukan pertanyaan pertanyaan yang berkaitan dengan isi drama tersebut. Misalnya “ Firman, siapa saja tokoh dalam drama tersebut? Firman pun mampu menjawab pertanyaan karena Firman  memperhatikan apa yang disampaikan guru. Guru meminta siswa membuat kelompok kecil dan memptaktikkan kembali drama yang dibacakan didepan kelas.
         
Diakhir pelajaran, para siswa diminta untuk berlatih memerankan drama “Bawang Merah dan Bawang Putih” bersama kelompoknya. Sebagai tugas rumah dan mempraktikannya didepan kelas pada pertemuan selanjutnya.
         
Selama proses pembelajara siswa sangat antusias mengikuti pembelajaran, karena kebanyakan siswa menyukai dialog sambil bermain peran sehingga membuat siswa tidak mudah bosan. Tetapi masih ada saja sedikit kegaduhan terutama ketika beberapa siswa mempraktikkan drama di depan kelas.

Dalam menggunakan metode demonstrasi, metode pembelajaran ini mengajak peserta didik untuk mempraktikkan apa yang sudah dipelajari sebelumnya. Dengan metode deminstrasi dapat melatih keberanian dan rasa percaya diri siswa. Siswa juga langsung mempraktikkan apa yang sudah dipelajari dan diketahuinya sehingga materi yang disampaikan lebih melekat dalam ingatan siswa


C.      Temuan-Temuan Dalam Pembelajaran
1.      Pertemuan 1 (Pendidikan Kewarganegaraan)
1.      Kelemahan selama proses pembelajaran adalah :
Kelemahan saya adalah masih ada siswa yang kurang memperhatikan dan mengikuti kegiatan belajar.

2.      Penyebab kelemahan karena :
Masih kurangnya komunikasi dengan  siswa sehingga siswa merasa kurang diperhatikan.

3.      Kelebihan selama proses pembelajaran adalah :
Saya  senang dengan pekerjaan saya, dan itu menjadi penyemangat dalam  melaksanakan pembelajaran.

4.      Penyebab kelebihan saya karena:
Adanya diskusi kelompok dengan laporan dari masing-masing kelompok sehingga siswa di tuntun untuk mendiskusikannya.

5.      Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Pada waktu diskusi terjadi sanggah pendapat, hal ini sangat baik untuk siswa supaya mereka bisa percaya diri.

6.      Rencana proses pembelajaran berikutnya :
Saya akan belajar dari segala kekurangan sehingga pembelajaran yang saya lakukan menjadi lebih baik lagi.









2.           Pertemuan 2 (Ilmu Pengetahuan Sosial)
a.      Kelemahan selama proses pembelajaran adalah  :
Media pembelajaran yang kurang dikuasai sehingga dalam proses pembelajaran kurang sesuai rencana pembelajaran

b.      Penyebab kelemahan karena  :
Kurangnya persiapan untuk  menyiapkan media pembelajaran.

c.       Kelebihan selama proses pembelajaran adalah :
Dalam  penyampaian meteri sangat jelas dan siswa dapat mangerti apa yang dijelaskan sihingga dalam evaluasi siswa dapat mengerjakan dengan mudah

d.      Penyebab kelebihan saya karena  :
Saya mempelajari materi yang akan diberikan kepada siswa dan membawa alat peraga agar siswa dapat dengan mudah memahami dan menerima materi dengan baik

e.       Hal – hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah  :
Mereka hanya kelihatan lebih bersemangat dalam belajar dan menayakan tugas buat di rumah ketika saya lupa memberikan tugas rumah.

f.       Rencana proses pembelajaran berikutnya adalah :
Berusaha untuk mempersiapkan metode pembelajaran  dengan lebih baik.










3.         Pertemuan 3 (Bahasa Indonesia)
a.      Kelemahan selama proses pembelajaran adalah  :
Belum bisa mengkondisikan kelas dengan baik.

b.      Kelemahan tersebut terjadi karena  :
Kurangnya membaca karakter siswa dengan baik dan terlalu fokus dengan materi sehingga siswa tidak terkondisikan terhadap materi.

c.       Kelebihan selama proses pembelajaran adalah :
Siswa mampu menyelesaikan evaluasi dengan baik dan cepat.

d.      Penyebab kelebihan karena :
Saya selalu memberikan materi yang jelas agar siswa dapat menyelesaikan evaluasi.

e.       Hal – hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah  :
Siswa meminta tugas rumah yang sesuai dengan materi yang tadi saya ajarkan dan mereka sangat semangat dalam mengikuti pembelajaran.

f.       Rencana proses pembelajaran berikutnya adalah :
Berusaha melibatkan siswa lebih aktif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terutama dengan demonstrasi-demonstrasi seperti pembacaan puisi, dialog dan sebagainya sesuai materi yang sedang diajarkan.











4.           Pertemuan 4 (Matematika)
a.      Kelemahan selama proses pembelajaran adalah :
Dalam penilaian belajar siswa.

b.      Kelemahan tersebut terjadi karena :
Kurangnya saya dalam menguasai materi serta banyaknya siswa yang tidak seimbang dengan waktu yang disediakan.

c.  Kelebihan selama proses pembelajaran adalah :
Kelebihan saya tersebut saya dapat menyampaikan isi materi dengan baik sehingga dapat membangkitkan motivasi siswa untuk belajar dengan antusias dan bersemangat.

d.      Penyebab kelebihan saya karena :
Kelebihan saya terjadi karena sebelum merancang dan mengajar saya sudah memahami dan menguasai materi sehingga dapat mudah untuk menyampaikan kepada siswa.

e.       Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Siswa sangat percaya diri ketika mengerjakan soal evaluasi, meskipun jawaban mereka belum benar

f.       Rencana proses pembelajaran berikutnya :
Dalam pembelajaran berikutnya saya harus memperbaiki kekurangan dalam hal penilaian, agar penilaian belajar yang saya lakukan dapat selesai dengan tuntas.








5.           Pertemuan 5 (IlmuPengetahuan Alam)
a.      Kelemahan selama proses pembelajaran adalah :
Masih banyak siswa yang tidak dapat memahami apa yang disampaikan oleh guru pada materi tersebut.

b.      Penyebab kelemahan karena :
Dalam penyampaian materi masih terlalu abstrak.

c.       Kelebihan selama proses pembelajaran adalah :
Saya  senang dengan pekerjaan saya, dan itu menjadi penyemangat dalam  melaksanakan pembelajaran.

d.      Penyebab kelebihan saya karena :
Saya menggunakan metode yang efektif  dan efisien, dan saya selalu mencoba menjelaskan materi dengan sejelas mungkin agar siswa mudah untuk memahaminya.

e.  Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Siswa masih ingin mengetahui materi yang belum saya sampaikan, sehingga sampai jam pelajaran berakhir masih ada saja siswa yang mengajukan pertanyaan.

f.   Rencana saya berikutnya adalah :
Terus memperbaiki setiap kesalahan-kesalahan yang saya perbuat dalam proses pembelajaran. Dan mengontrol langkah – langkah pembelajaran yang telah saya lakukan.








6.           Pertemuan 6 (Ilmu Pengetahuan Sosial)
a.      Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah :
Saya merasa kurang dalam hal penataan kegiatan.

b.      Kelemahan tersebut terjadi karena :
Kurang menguasai materi dalam hal penataan kegiatan.

c.       Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah :
Kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan dan siswa berantusias  interaktif untuk menjawab pertanyaan –pertanyaan yang saya berikan sehingga pada saat mereka mendengarkan penjelasan tentang materi yang saya sampaikan dapat diterima dengan mudah .

d.      Penyebab kelebihan saya karena :
Merencanakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan benar serta saya harus menguasai  dulu materi yang saya ajarkan serta mengajak siswa yang kurang antusias dengan memberikan motivasi.

e.       Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Semua siswa aktif  dalam pembelajaran, dan mereka dapat menjawab setiap pertanyaan yang diajukan.

f.       Rencana proses pembelajaran berikutnya :
Saya akan lebih mendalami materi dalam hal penataan kegiatan agar menghasilkan suasana pembelajaran yang sistematis sehingga kegiatan pembelajaran yang saya lakukan dapat selesai dengan tuntas.








7.           Pertemuan 7 (Matematika)
a.      Kelemahan selama proses pembelajaran adalah :
Ketersedian waktu yang terbatas

b.      Kelemahan tersebut terjadi karena :
Saya belum bisa mengorganisasi kelas dalam mengatur waktu agar lebih aktif.

c.       Kelebihan selama proses pembelajaran adalah :
Saya senang dengan pekerjaan saya, dan itu menjadi penyemangat dalam melaksanakan pembelajaran.

d.      Penyebab kelebihan saya karena :
Saya menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan saya selalu mencoba menjelaskan pembelajaran sejelas mungkin dan mengontrol belajar mereka secara merata.

e.       Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Siswa lebih semangat mengerjakan soal yang saya berikan karena saya telah memberikan penjelasan yang mudah dipahami mereka.

f.       Rencana proses pembelajaran berikutnya :
Saya lebih bisa mengatur waktu dengan keterbatasan yang tersedia, dan menyusun perencanaan pembelajaran yang disesuaikan agar lebih efesien.










8.           Pertemuan 8 (Bahasa Indonesia)
a.      Kelemahan saya selama proses pembelajaran adalah  :
Metode pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga siswa menjadi cepat jenuh.

b.      Kelemahan tersebut terjadi karena  :
Belum memahami cara memilih metode  yang tepat yang sesuai dengan materi dan karakter siswa.

c.       Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah :
Sebagian  siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan

d.      Kekuatan tersebut terjadi karena  :
Saya berusaha memberikan penjelasan yang mudah dipahami oleh siswa.

e.       Hal – hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah  :
Siswa merasa bingung karena penjelasan terlalu panjang, tetapi setelah diberikan penjelasan berulang barulah mereka dapat memahami.

f.       Rencana saya berikut adalah  :
Saya akan berusaha  melibatkan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.












9.           PERTEMUAN 9 (Ilmu Pengetahuan Alam)
a.      Kelemahan selama proses pembelajaran adalah :
Saya sulit menyesuaikan materi dengan alat peraga yang terbatas.

b.      Penyebab kelemahan karena :
Kurangnya alat peraga yang disediakan oleh sekolah sehingga dalam proses belajar tidak semua dapat disesuaikan dengan materi pembelajaran.

c.       Kelebihan selama proses pembelajaran adalah :
Dengan keterbatasan alat peraga, saya dapat menjelaskan materi pelajaran dengan baik sehingga mencapai tujuan yang diharapkan.

d.      Penyebab kelebihan saya karena :
Karena saya sudah merancang kegiatan terlebih dahulu dengan baik , jadi bila mana adanya keterbatasan alat peraga saya dapat menggantikan dengan penjelasan yang mudah dimengerti siswa.

e.       Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Siswa tetap antusias mengikuti pembelajaran dengan baik dan memperhatikan saya saat menjelaskan materi.

f.       Rencana proses pembelajaran berikutnya adalah :
Saya harus bisa memilih alat peraga yang mudah ditemui disekolah agar pembelajaran dapat sesuai dengan materi yang disampaikan.










10.       Pertemuan 10 (Pendidikan Kewarganegaraan)
1.        Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah :
Saya melihat dalam proses pembelajaran, tugas yang saya berikan terlalu monoton, membuat jenuh sehingga siswa tidak termotivasi.

2.      Kelemahan tersebut terjadi karena :
Guru kurang kreatif dalam memberikan tugas evaluasi.

3.      Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah :
Saya menangkap bahwa siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang saya harapkan meskipun mereka kurang antusias.

4.      Penyebab kelebihan saya karena :
Karena saya menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan saya selalu mencoba menjelaskan sejalas mungkin dan mengontrol belajar secara keseluruhan.

5.      Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Siswa lebih antusias dalam melihat gambar daripada memahami isi dari evaluasi yang diberikan oleh saya.

6.      Rencana proses pembelajaran berikutnya adalah :
Saya akan memperbaiki kekurangan-kekurangan apa saja dalam mengajar sehingga akan selalu ada perbaikan terutama dalam pengerjaan evaluasi-evaluasi yang saya berikan.









BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

A.    KESIMPULAN
  1. Secara umum Kelemahan Proses Pembelajarann yang saya lakukan adalah
Pada penataan alokasi waktu pembelajaran yang kurang efesien, kurangnya penguasaan kelas,  kurangnya kreatifitas guru untuk mengembangkan pembelajaran.

  1. Secara umum penyebab Kelemahan Proses Pembelajaran adalah
Kurang waktu dalam  penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, keterbatasan sarana dan prasarana serta kurangnya motivasi dan penguasaan terhadap materi, penilaian belajar dan penataan kegiatan.

  1. Secara umum Kelebihan Proses Pembelajaran yang saya lakukan adalah
Pemilihan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan minat siswa untuk mengikuti pembelajaran, pemilihan media pembelajaran yang sesuai dengan materi, menguasai materi pembelajaran

  1. Secara umum Penyebab Kelebihan Proses Pembelajaran adalah
Karena saya selalu membaca dan mempelajari terlebih dahulu pelajaran yang akan disampaikan kepada siswa dengan media yang saya digunakan dapat membantu siswa lebih cepat memahami materi pelajaran, serta pemilihan metode pembelajaran juga sangat mendukung keberhasilan proses pembelajaran.

  1. Secara umum Perbaikan Pembelajaran yang telah dilakukan adalah
Berdasarkan pada kelemahan dan kelebihan yang ditemukan saat melakukan pembelajaran maka berbagai langkah perbaikan yang telah di tempuh adalah pemilihan dan strategi pembelajaran yang mampu mengendalikan kelas dan penataan kegiatan yang efektif diantaranya adalah pemilihan metode  pembelajaran misalnya metode diskusi,tanya jawab, demonstrasi, ceramah serta metode-metode yang lainnya yang dipandang dapat menggugah keaktifan dan kreativitas siswa dalam pembelajaran sehingga kelas menjadi hidup dan siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran.
B.     SARAN
1.      Guru lebih memperhatikan kegiatan pembelajaran agar pencapaian penguasaan materi  pelajaran lebih baik lagi.
2.      Penerapan metode yang digunakan harus bervariasi, sehingga akan memotivasi siswa lebih aktif lagi dalam pembelajaran di kelas dan mengurangi kejenuhan.
3.      Guru lebih mengadakan pendekatan kepada siswa, sehingga dapat memahami karakter siswa
4.      Siswa yang kurang atau lamban dalam belajar, harus banyak berlatih dan diberi bimbingan khusus sehingga dapat mengejar kekurangannya.









DAFTAR PUSTAKA

TIM-FKIP. 2014 Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM). Jakarta : Universitas Terbuka.
BNSP. 2014. Standar Kompetensi dan Kemampuan Dasar SD. Jakarta : Diknas Departemen Pendidikan Nasional.2002. Standar Kompetensi  Guru Kelas SD/MI.Jakarta : Dir.P2TK – KPT, Ditjen DIKTI. Jakarta .FKIP – UT
Tim FKIP-UT.1987. Alat Penilaian Kemampuan Guru ( APKG  ).
TIM FKIP-UT. 2009. Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM ) Jakarta : Universitas Terbuka.

 

5 komentar:

  1. bang rpp,apkg, pkp,
    nya di bab brapa ?

    BalasHapus
  2. min ijin copas ya, sangat membantu



    BalasHapus
  3. Apkg dan RPP nya masuk mana y? Td kok cm refleksi saja

    BalasHapus
  4. Harrah's Casino - MapyRO
    Harrah's Casino Reno is the first casino in the world to offer the chance 아산 출장샵 to 양주 출장안마 experience the most exhilarating 전주 출장샵 casino gaming action on the east 전라남도 출장마사지 coast. 영주 출장마사지

    BalasHapus